Client Portal > Panduan > Programing > Perintah Dasar Pada Centos


Perintah Dasar Pada Centos




Umumnya digunakan terminal perintah yang
rentang hampir semua distro Linux
| A |
alias - Membuat alias, alias memungkinkan string yang akan diganti untuk kata bila digunakan sebagai kata pertama dari perintah sederhana. Ini adalah built in perintah bash.
contoh: user1 @ foo] $ alias la = 'ls-lAXh-color = selalu | less-R' (Sekarang mengeluarkan perintah 'la' benar-benar akan menjalankan listing yang panjang, dalam warna, diurutkan dengan ekstensi.) Juga lihat: unalias

apropos - Apropos pencarian satu set file database yang berisi deskripsi singkat dari perintah sistem untuk kata kunci dan menampilkan hasil pada keluaran standar.
contoh: user1 @ foo] $ apropos pencarian (perintah ini akan menampilkan daftar perintah yang mungkin dan deskripsi masing-masing dengan "pencarian" string dalam perintah atau dalam deskripsi perintah.)

| B |
bcwipe - Bcwipe berulang kali menimpa pola khusus untuk file yang akan dihancurkan. Dalam mode normal, 35 melewati digunakan (yang 8 adalah acak). Pola yang digunakan dalam artikel yang direkomendasikan oleh Peter Gutmann (http://www.cs.auckland.ac.nz/ ~ pgut001/pubs/secure_del.html) berjudul "penghapusan aman data dari memori magnetik dan solid-state". Dalam modus cepat, US DoD (Departemen Pertahanan) 5.200,28 standar digunakan dengan 7 menyeka lulus. Dalam modus kustom US DoD 5.200,28 standar digunakan dengan jumlah yang ditetapkan pengguna berlalu.
contoh: user1 @ foo] $ bcwipe-ng-r-v / home / temp (perintah ini akan melakukan lulus 35, rekursif, verbose DoD menghapus on / home / temp Biasanya, bcwipe digunakan pada seluruh drive atau partisi mana. data sensitif atau pribadi telah disimpan untuk mencegah pemulihan data jika drive atau sistem sedang dijual atau diberikan kepada pihak yang tidak dikenal.)

| C |
cd - direktori Perubahan, digunakan untuk navigasi struktur direktori melalui baris perintah.
contoh: user1 @ foo] $ cd / etc/X11 (perintah ini akan mengubah direktori kerja saat ini (CWD) ke / etc/X11)

chkconfig - Update dan permintaan informasi runlevel untuk layanan sistem.
contoh: user1 @ foo] $ chkconfig-level 2.345 pada httpd (perintah menambahkan daemon httpd untuk memulai pada runlevel 2,3,4 dan 5.)

chmod - bit berkas Ganti modus.
contoh: user1 @ foo] $ chmod-Rf 700 / home (perintah ini perubahan segala sesuatu di bawah / home dan semua subdirektori ke rwx hanya untuk pemilik file atau direktori atau root.)

chown - Perubahan kepemilikan file dan kelompok.
contoh: user1 @ foo] $ chown-R user1: user1 / home / pengujian (perintah ini mengubah kepemilikan file dan kepemilikan kelompok setiap subdirektori di bawah / home / pengujian untuk user1.)

cp - Copy file, digunakan untuk menyalin file ke dan dari direktori yang berbeda.
contoh: user1 @ foo] $ cp ~ / foo.txt / mnt / penyimpanan (perintah ini salinan file "foo.txt" dari / home/user1/foo.txt ke / mnt / storage / foo.txt)

| D |
dd - Copy file, mengubah dan format sesuai dengan pilihan tertentu.
contoh: root @ foo] # dd if = / dev / dvd of = dvd_foo.iso (perintah ini menciptakan sebuah gambar iso dari perangkat / dev / dvd dan menulis ke file lokal (dvd_foo.iso) dalam (CWD) saat direktori kerja.)

df - Menampilkan penggunaan disk total untuk filesystem mount.
contoh: user1 @ foo] $ df-h (perintah ini menampilkan rasio ruang memori yang digunakan / bebas pada semua filesystem yang sedang dipasang.)

diff - Dalam kasus yang paling sederhana, diff membandingkan isi dari dua file-file dari dan ke-file. Sebuah nama file - singkatan untuk teks dibaca dari masukan standar. Sebagai kasus khusus, diff - membandingkan salinan masukan standar untuk dirinya sendiri. Jika dari-file adalah sebuah direktori dan-file tidak, diff membandingkan file dalam dari-file yang nama file adalah bahwa dari ke-file, dan sebaliknya. The file non-direktori tidak boleh -. Jika baik dari-file dan to-file adalah direktori, diff membandingkan file yang sesuai di kedua direktori, dalam urutan abjad, perbandingan ini tidak rekursif kecuali-r atau-rekursif opsi diberikan. diff pernah membandingkan isi sebenarnya dari direktori seolah-olah file. File yang sepenuhnya ditentukan mungkin tidak input standar, karena masukan standar tak bernama
dan gagasan file'' dengan nama yang sama'' tidak berlaku. opsi diff dimulai dengan -, sehingga biasanya dari-file-file dan tidak dapat dimulai
dengan -. Namun, - sebagai argumen dengan sendirinya memperlakukan argumen yang tersisa sebagai nama file bahkan jika mereka mulai dengan -.
contoh: user1 @ foo] $ diif / var / log / messages / var / log / messages.saved (perintah ini menampilkan perbedaan antara 2 file.)

dstat - Menampilkan berbagai statistik sistem realtime.
contoh: user1 @ foo] $ dstat-f (perintah ini menampilkan statistik realtime dalam sistem konsol.)

du - Menampilkan penggunaan disk total untuk direktori bernama.
contoh: user1 @ foo] $ du-bab / home (perintah ini akan menampilkan dalam format yang dapat dibaca pengguna penggunaan ruang untuk direktori / home)

| E |
exit - Keluar dari terminal login atau sesi sebagai pengguna tertentu.
contoh: root @ foo] # exit (perintah ini akan keluar dari shell (# root) dan drop saat pengguna kembali ke pengguna ($) prompt, jika login via su atau su -.)

| F |
fdisk - Fdisk adalah utilitas disk kuat partisi.
Contoh: (.. perintah ini daftar partisi yang terdeteksi dan jenis partisi Gunakan halaman manual untuk memahami cakupan penuh dari perintah ini sangat berguna dan kuat) root @ foo] # fdisk-l

menemukan - Temukan mencari struktur direktori tertentu untuk string bernama dan menampilkan hasil yang bersangkutan.
contoh: user1 @ foo] $ find ~-name foo (pencarian ini mencari rumah user1 dan subdirektori untuk setiap terjadinya "foo" dan menampilkan hasilnya, jika ada.)

fsck - fsck filesystem memulai memeriksa integritas dan perbaikan pada filesystem unmount.
contoh: root @ foo] # fsck-y / dev/hda1 (perintah ini memaksa pemeriksaan filesystem pada partisi hda1 dan perbaikan kesalahan ditemui tanpa disuruh pengguna untuk "ok" setiap dialog confimation digunakan dengan hati-hati dan membaca halaman manual. .)

fuser - Mengidentifikasi proses menggunakan file atau soket.
contoh: user1 @ foo] $ fuser-m / mnt / floppy (perintah ini mencari proses menggunakan / mnt / floppy dan menampilkan hasilnya.)

| G |
grep - Grep pencarian file input nama (s) (atau masukan standar jika tidak ada file yang bernama, atau nama file - diberikan) untuk saluran yang mengandung pertandingan ke pola yang diberikan. Secara default, grep mencetak baris yang cocok.
contoh: user1 @ foo] $ rpm-qa | grep foo (perintah ini mencari database rpm untuk string "foo" dan mencetak setiap pertandingan itu pertemuan.)

groupadd - Buat grup baru pada sistem.
contoh: user1 @ foo] mytestgroup $ groupadd (perintah ini membuat grup pada sistem yang disebut mytestgroup.)

| H |
kepala - ouput bagian pertama dari file ke terminal
contoh: user1 @ foo] $ kepala mytextfile.txt (perintah ini output baris pertama N dari mytextfile.txt file dengan defauilt ini adalah 10 baris..)

hostname - Hostname adalah program yang digunakan untuk mengatur baik atau menampilkan host saat ini, domain atau nama simpul dari sistem. Nama-nama ini digunakan oleh banyak program jaringan untuk mengidentifikasi mesin. Nama domain juga digunakan oleh NIS / YP.
contoh: user1 @ foo] $ hostname (perintah ini akan menampilkan nama host saat ini.)

| I |
ifconfig - Ifconfig digunakan untuk mengkonfigurasi kernel-penduduk antarmuka jaringan. Hal ini digunakan pada saat boot untuk mengatur antarmuka yang diperlukan. Setelah itu, biasanya hanya diperlukan ketika mencari kesalahan atau ketika sistem tuning diperlukan. Jika tidak ada argumen yang diberikan, ifconfig akan menampilkan status interface sedang aktif. Jika argumen antarmuka tunggal diberikan, ini akan menampilkan status dari interface yang diberikan hanya, jika satu-argumen yang diberikan, ini akan menampilkan status dari semua interface, bahkan mereka yang turun. Jika tidak, itu mengkonfigurasi interface.
contoh: user1 @ foo] $ ifconfig (perintah ini dikeluarkan dengan sendirinya akan mencetak semua antarmuka jaringan dikonfigurasikan saat ini.)

ifdown - Membawa antarmuka jaringan bawah (offline) secara manual.
contoh: user1 @ foo] $ eth0 ifdown (perintah ini membawa antarmuka jaringan 'eth0' down atau offline.)

iftop - Tampilan penggunaan bandwidth pada sebuah antarmuka oleh tuan rumah.
contoh: user1 @ foo] $ iftop-i wlan0 (perintah ini mendengarkan pada interface wlan0 dan menampilkan informasi tentang statistik lalu lintas.)

ifup - Membawa up antarmuka jaringan (online) secara manual.
Contoh: (. perintah ini membawa 'eth0' antarmuka jaringan up atau online) user1 @ foo] $ ifup eth0

init - Proses inisialisasi kontrol.
contoh: user1 @ foo] $ 3 init (perintah ini membawa sistem ke init mode 3-hanya teks.)

iptraf - Sebuah IP interaktif LAN monitor lalu lintas berwarna-warni.
contoh: user1 @ foo] $ iptraf (perintah ini dimulai iptraf di terminal.)

| J |
jwhois - Jwhois pencarian Whois server untuk objek pada baris perintah. Tuan rumah untuk query diambil dari file konfigurasi global, sebuah file konfigurasi yang ditentukan pada baris perintah, atau dipilih secara langsung pada baris perintah.
contoh: user1 @ foo] $ jwhois google.com (perintah ini query database whois untuk kontak dan rincian pendaftaran domain google.com of.)

| K |
membunuh - Hentikan proses yang sedang berjalan atau jahat. juga melihat: killall
contoh: user1 @ foo] $ kill -9 27068 (perintah ini mengakhiri proses dengan id proses 27058 ditemukan dengan menggunakan perintah ps aux.)

| L |
terakhir - Daftar pengguna yang baru saja masuk ke atau keluar dari sistem. Juga menampilkan waktu, tanggal dan durasi.
contoh: user1 @ foo] $ terakhir (perintah ini daftar semua pengguna yang baru saja masuk ke atau keluar dari sistem.)

kurang - Kurang merupakan program serupa untuk lebih, namun yang memungkinkan gerakan mundur dalam file serta gerak maju. Juga, kurang tidak harus membaca file input seluruh sebelum memulai, sehingga dengan file input yang besar itu dimulai lebih cepat daripada editor teks seperti vi. Kurang menggunakan termcap (atau terminfo pada beberapa sistem), sehingga dapat dijalankan pada berbagai
terminal. Bahkan ada dukungan terbatas untuk terminal hardcopy. (Pada terminal hardcopy, jalur yang harus dicetak di bagian atas layar yang diawali dengan sebuah tanda sisipan.)
contoh: user1 @ foo] $ kurang-p CPU / var / log / dmesg (perintah ini pencarian / var / log / dmesg untuk setiap contoh dari 'CPU' string dan menampilkan jalur tersebut dengan 'CPU' disorot.)

mencari - Cari, dalam kombinasi dengan updatedb menyediakan cara yang aman untuk indeks dan cepat mencari file di sistem Anda. Ini menggunakan pengkodean tambahan untuk kompres database-nya untuk membuat pencarian lebih cepat, tetapi juga akan menyimpan hak akses file dan kepemilikan sehingga pengguna tidak akan melihat file mereka tidak memiliki akses ke.
contoh: user1 @ foo] $ locate gimp (perintah ini mencari database yang aman mulai dari / untuk catatan yang diberikan string:.. Anda harus terlebih dahulu jalankan perintah updatedb sebelum menggunakan mencari)

ls - Daftar file, direktori dan hak akses masing-masing (tergantung pada switch dan pilihan yang digunakan.)
contoh: user1 @ foo] $ ls-als (perintah ini daftar semua file dan subdirektori dalam direktori kerja saat ini (CWD) dan
mereka masing-masing izin. untuk memperlambat daftar menggunakan direktori panjang:. ls-als | penggunaan kurang q untuk keluar)

lspci - lspci adalah utilitas untuk menampilkan informasi tentang semua bus PCI dalam sistem dan semua perangkat yang terhubung ke mereka).
contoh: user1 @ foo] $ lspci-v (perintah ini mencantumkan semua perangkat pci terdeteksi oleh sistem dalam mode verbose.)

lsusb - lsusb adalah utilitas untuk menampilkan informasi tentang bus USB dalam sistem dan perangkat yang terhubung ke mereka. Untuk menggunakan lsusb pastikan Anda memiliki usb-utils paket yang diinstal.)
contoh: user1 @ foo] $ lsusb-v (perintah ini mencantumkan semua perangkat usb terdeteksi oleh sistem dalam mode verbose.)

| M |
man - Man format dan menampilkan halaman on-line manual. Jika Anda menetapkan bagian, manusia hanya terlihat di bagian dari manual. Nama biasanya nama halaman manual, yang biasanya merupakan nama, fungsi file perintah, atau. Namun, jika nama mengandung sebuah garis miring (/) maka manusia menafsirkan sebagai spesifikasi file, sehingga Anda dapat melakukan man ./foo.5 atau bahkan pria / cd/foo/bar.1.gz.
contoh: user1 @ foo] $ man sudo (perintah ini akan menampilkan halaman manual perintah sudo dan daftar verbose pilihan dan penggunaan.)

lebih - File Filter teliti untuk melihat crt.
contoh: user1 @ foo] $ lebih +3 myfile.txt (dalam contoh ini kita akan melihat hasil myfile.txt ditampilkan mulai dari baris 3)

gunung - Gunung filesystem. lihat juga: umount.
contoh: root @ foo] # mount-t ext3 / dev/hdk3 / mnt / foo (perintah ini gunung partisi 3 pada hard disk / dev / HDK on / mnt / foo mana pengguna dapat mengaksesnya dengan izin yang tepat rwx filesystem automounting. dapat diurus di / etc / fstab)

mv - Memindahkan file dari satu direktori ke yang lain. (Mirip dengan memotong) menghapus opsi ini file dari lokasi asli dan bergerak ke yang lain, juga digunakan untuk mengganti nama file.)
contoh: user1 @ foo] $ mv foo.rpm foo2.rpm (perintah ini mengganti nama "foo.rpm" untuk "foo2.rpm" dalam direktori yang sama.)

| N |
nano - Nano adalah editor kecil, gratis dan ramah yang bertujuan untuk menggantikan pico, editor default disertakan dalam paket pinus tidak bebas. Daripada hanya menyalin tampilan pico dan merasa, nano juga mengimplementasikan beberapa fitur yang hilang (atau dinonaktifkan secara default) di pico, seperti "pencarian dan mengganti" dan "pergi ke nomor baris".
contoh: root @ foo] # nano / var / log / dmesg (perintah ini akan menampilkan teks file / var / log / dmesg di jendela terminal dan menyajikan untuk mengedit atau membacanya.)

| O |
oktaf - Sebuah bahasa tingkat tinggi interaktif untuk perhitungan numerik.
contoh: root @ foo] # oktaf-help (perintah ini akan menampilkan pilihan untuk perintah oktaf.)

| P |
passwd - Passwd digunakan untuk memperbarui tanda otentikasi pengguna (s). Passwd dikonfigurasi untuk bekerja melalui Linux-PAM API. Pada dasarnya, itu menginisialisasi dirinya sebagai sebuah layanan "passwd" dengan Linux-PAM dan menggunakan modul sandi dikonfigurasi untuk mengotentikasi dan kemudian memperbarui password pengguna ..
contoh: user1 @ foo] $ newuser passwd (perintah ini meminta penerbit untuk memberikan password baru untuk pengguna tertentu dan kemudian update database password sesuai mengganti password sebelumnya dengan yang baru.)

pkill - Look up atau sinyal proses berdasarkan nama dan atribut lainnya.
contoh: user1 @ foo] $ pkill-HUP syslogd (perintah ini membuat syslog membaca kembali file konfigurasinya.)

ps - Mencetak daftar proses yang sedang berjalan, masing-masing pemilik dan proses id.
contoh: user1 @ foo] $ ps aux (perintah ini menampilkan proses yang sedang berjalan antara data penting lainnya tentang proses masing-masing.)

pwd - Mencetak nama direktori kerja.
contoh: user1 @ foo] $ pwd (perintah ini mencetak jalan saat ini / direktori kerja di shell Anda, seperti: / home/user1/foo)

| Q |
kuota - Menampilkan daftar penggunaan disk pengguna dan batasan. Secara default hanya kuota pengguna dicetak. Kuota melaporkan kuota dari semua filesystem terdaftar di / etc / mtab. Untuk filesystem yang NFS-mount panggilan ke rpc.rquotad pada mesin server dilakukan untuk mendapatkan informasi.
contoh: root @ foo] # kuota user1 (perintah ini menampilkan penggunaan disk pengguna diminta kuota dan batas.)

| R |
rm - file Hapus dan / atau direktori.
contoh: user1 @ foo] $ rm-rf ~ / temp (perintah ini menghapus direktori / home/user1/temp)

rsync - Sebuah penggantian lebih cepat lebih fleksibel untuk rcp (remote copy file)
contoh: user1 @ foo] $ rsync-avz-e ssh rsync@remote.acme.com :/ home / rsync / keluar / / home / rsync / from_remote (perintah ini salinan isi dari / home / rsync / keluar ke / home / rsync / from_remote pada sistem remote.)
(Suatu hal yang penting di sini, adalah bahwa ada atau tidak adanya trailing "/" di direktori sumber menentukan apakah direktori itu sendiri akan disalin, atau hanya isi dari direktori source. Meninggalkan keluar trailing slash menciptakan direktori baru "keluar "pada mesin remote.)

| S |
layanan - Jalankan script sistem V init pada sistem.
contoh: user1 @ foo] me-restart httpd $ layanan (perintah ini restart daemon httpd berjalan atau mulai daemon httpd idle / berhenti.)

shutdown - Bawa sistem itu.
contoh: user1 @ foo] $ shutdown-r now (perintah ini menutup sistem bawah segera dan reboot.)

ssh - Memulai koneksi shell yang aman dengan sistem menjalankan sshd (secure shell daemon).
contoh: user1 @ foo] $ ssh 192.168.0.10 (perintah ini memulai koneksi secure shell antara komputer localhost dan komputer jaringan internal lokal di 192.168.0.10.)

stat - Tampilan berkas atau status filesystem.
contoh: user1 @ foo] $ stat / rumah (perintah ini menampilkan status dari direktori / rumah seperti, ukuran blok, inode, link, akses dan tanggal modifikasi terakhir (s), antar variabel pengguna lain didefinisikan.)

strace - panggilan sistem Trace dan sinyal.
contoh: user1 @ foo] $ strace-p 3284 (perintah ini akan memulai jejak pada semua panggilan sistem dan sinyal yang berhubungan dengan proses # 3284.)

su - perintah pengguna Pengganti. yang paling umum digunakan untuk menjalankan perintah / daemon yang membutuhkan hak akses root, melihat / mengubah direktori tertentu, file dan file log.
contoh: user1 @ foo] $ su - (perintah ini akan meminta pengguna untuk password root dan, jika diberikan dengan benar, log pengguna ke profil akar - menunjukkan bahwa pengguna harus mewarisi profil akar dan jalan ini cukup membantu.. ketika mengeluarkan perintah dari banyak direktori tanpa mengetik seluruh jalan dengan perintah. administrator sistem harus melihat "sudo" perintah untuk memperpanjang hak tertentu untuk pengguna yang tidak perlu atau tidak dapat dipercaya dengan root
sandi.)

sudo - pengguna Super "yang" memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan beberapa perintah yang membutuhkan hak tinggi seperti yang didefinisikan di / etc / sudoers tetapi tidak memerlukan pengetahuan tentang password root.
contoh: user1 @ foo] sudo mount-t ext3 / dev/hdk3 / mnt / foo (perintah ini memungkinkan user biasa dengan hak sudo untuk menjalankan perintah yang membutuhkan hak tinggi untuk menjalankan user akan diminta untuk memasukkan sendiri $. sandi untuk menyelesaikan perintah secara default, opsi ini dapat diubah untuk tidak memerlukan password lihat: man sudoers).

| T |
ekor - Output bagian terakhir dari file.
contoh: user1 @ foo] vhosts.conf $ tail-n 5 (perintah ini output 5 baris terakhir dari vhosts.conf file ke terminal.)

tar - Perintah tar kompres atau uncompresses file tar atau tar.gz diarsipkan dan struktur direktori.
contoh: user1 @ foo] $ tar-xvfz foo.tar.gz (perintah ini uncompresses yang foo.tar.gz file ke CWD tersebut.)

top - Program top menyediakan tampilan dinamis real-time dari sistem berjalan. Hal ini dapat menampilkan sistem informasi ringkasan serta daftar tugas saat ini sedang dikelola oleh kernel Linux. Jenis-jenis sistem informasi ringkasan ditampilkan dan jenis, ketertiban dan ukuran informasi yang ditampilkan untuk tugas-tugas semua dikonfigurasi pengguna dan konfigurasi yang dapat dibuat persisten di restart. Program ini menyediakan antarmuka interaktif yang terbatas untuk manipulasi proses serta antarmuka yang jauh lebih luas untuk konfigurasi pribadi - meliputi setiap aspek operasi. Dan sementara atas disebut seluruh dokumen ini, Anda bebas untuk nama apapun program yang Anda inginkan. Bahwa nama baru, mungkin sebuah alias, maka akan tercermin pada layar atas dan digunakan ketika membaca dan menulis file konfigurasi.
contoh: user1 @ foo] $ top-u user1 (perintah ini menunjukkan semua proses yang dimiliki oleh user1 secara realtime di terminal.)

| U |
uname - Cetak sistem informasi tertentu seperti: kernel yang sedang berjalan, hostname, dan sebagainya.
contoh: user1 @ foo] $ uname-a (perintah ini mencetak informasi tentang kernel yang sedang berjalan serta informasi lainnya.)

useradd - Ketika dipanggil tanpa D-pilihan, perintah useradd menciptakan akun user baru menggunakan nilai yang ditetapkan pada baris perintah dan nilai-nilai default dari sistem. Tergantung pada opsi baris perintah, perintah useradd akan memperbarui file sistem dan juga dapat membuat direktori home user baru dan menyalin file awal. Versi yang disediakan dengan Red Hat Linux akan membuat grup untuk setiap pengguna ditambahkan ke sistem secara default.
contoh: root @ foo] # useradd-d-g 500 newuser (perintah ini menambahkan pengguna baru ke sistem dengan direktori home dari / home / newuser dan id sekelompok 500 Atau, Anda juga dapat menggunakan somehing seperti 'ftp. . 'bukan '500' untuk menentukan apa kelompok (s) Anda ingin menambahkan pengguna baru untuk lihat juga:. man adduser dan userdel / deluser)

usermod - Memodifikasi akun pengguna.
contoh: user1 @ foo] $ usermod-a-G sshusers user1 (perintah ini menambahkan user1 ke sshusers kelompok.)

| V |
vi - vi, cukup sederhana, programmer berbasis terminal editor teks. vi adalah pada setiap sistem Unix / Linux Anda akan pernah bertemu dan sangat kuat. Hal ini dapat digunakan untuk pemrograman tingkat tinggi atau hanya untuk mengedit file teks, menyimpan dan menutupnya.
contoh: user1 @ foo] $ vi / var / log / dmesg (perintah ini akan menampilkan teks file / var / log / dmesg di jendela terminal dan menyajikan untuk mengedit atau membacanya.)

| W |
dinding - Perintah ini memungkinkan pengguna root atau lainnya diperbolehkan untuk mengeluarkan perintah sebagai root untuk mengirim pesan ke terminal everyones.
contoh: user1 @ foo] $ dinding bagaimana ini semua orang lakukan hari ini? (Perintah ini mencetak pesan ke terminal "bagaimana itu semua orang lakukan hari ini?".)

wc - Perintah wc mencetak baris baru, kata, dan jumlah byte untuk setiap file, dan garis total jika lebih dari satu file yang ditentukan. Dengan tidak ada file, atau ketika file -, baca standar masukan.
contoh: user1 @ foo] $ wc-l / var / log / dmesg (perintah ini akan menampilkan jumlah baris dalam file teks / var / log / dmesg.)

yang - Menunjukkan yang sedang login ke sistem.
contoh: user1 @ foo] $ yang-terakhir (perintah ini menampilkan output verbose dari pengguna dan proses login ke dalam sistem.)

whois - (lihat jwhois.)

| X |
xrandr - xrandr digunakan untuk mengatur ukuran layar, orientasi dan / atau refleksi. Opsi-s adalah indeks integer kecil yang digunakan untuk menentukan ukuran layar harus ditetapkan ke. Untuk mengetahui apa ukuran yang tersedia, gunakan-q option, yang melaporkan ukuran yang tersedia, arus rotasi, dan rotasi mungkin dan refleksi. Ukuran standar adalah ukuran pertama yang ditentukan dalam daftar. Opsi-o digunakan untuk menentukan orientasi layar, dan dapat menjadi salah satu dari "terbalik yang normal kiri kanan 0 1 2 3". Opsi-x memerintahkan server untuk mencerminkan layar pada sumbu X. The-y pilihan memerintahkan server untuk mencerminkan layar pada sumbu Y. Refleksi diterapkan setelah rotasi. Bantuan-opsi mencetak ringkasan penggunaan. The-verbose opsi memberitahu Anda apa yang xrandr lakukan, memilih untuk acara, dan memberitahu Anda ketika peristiwa yang diterima untuk mengaktifkan debugging.
contoh: user1 @ foo] $ xrandr-verbose (perintah ini menampilkan informasi refleksi saat ini, rotasi dan lainnya.)

xwininfo - Xwininfo adalah utilitas untuk menampilkan informasi tentang jendela. Berbagai
informasi yang ditampilkan tergantung pada pilihan yang dipilih. Jika tidak ada pilihan yang dipilih,-statistik diasumsikan. Pengguna memiliki pilihan untuk memilih jendela target dengan mouse (dengan mengklik setiap tombol mouse di jendela yang diinginkan) atau dengan menentukan nya
window id pada baris perintah dengan id-pilihan. Atau bukannya menentukan jendela dengan nomor id nya, nama-option dapat digunakan untuk menentukan jendela yang diinginkan oleh nama. Ada juga pilihan khusus-root untuk cepat memperoleh informasi tentang
screen akar jendela.
contoh: user1 @ foo] $ xwininfo (perintah ini menampilkan geometri untuk jendela yang ditentukan.)
| Y |
yum - Yum adalah paket handal, interaktif, dan otomatis update / permintaan / menginstal program yang dapat digunakan untuk menjaga sistem yang menggunakan rpm (Redhat Package Manager).
contoh: root @ foo] # yum-exclude = kernel * update (ini perintah umum memulai pembaruan sistem lengkap, sementara mengatakan yum untuk mengecualikan / mengabaikan paket kernel.)

| Z |
zip - Zip adalah kompresi dan utilitas file kemasan untuk Unix, VMS, MSDOS, OS / 2, Windows NT, Minix, Atari dan Macintosh, Amiga dan Acorn RISC OS. Hal ini sejalan dengan kombinasi dari UNIX perintah tar (1) dan kompres (1) dan kompatibel dengan PKZIP (ZIP Phil Katz untuk sistem MSDOS). Sebuah program pendamping (unzip), membongkar arsip zip. Program zip dan unzip dapat bekerja dengan arsip yang dihasilkan oleh PKZIP, dan PKZIP dan PKUNZIP dapat bekerja dengan arsip yang dihasilkan oleh zip. Zip versi 2.3 kompatibel dengan PKZIP 2,04. Perhatikan bahwa PKUNZIP 1.10 tidak dapat mengekstrak file yang dihasilkan oleh PKZIP 2,04 atau 2,3 ​​zip. Anda harus menggunakan PKUNZIP 2.04g atau unzip 5.0p1 (atau versi) untuk mengekstrak mereka.
contoh: user1 @ foo] $ zip-r foo1 foo2 (perintah ini menciptakan foo2.zip arsip, yang berisi semua file dan direktori dalam direktori foo1 yang terkandung dalam direktori saat 

Itulah Berberpa Perintah Dasar pada Linux/Centos
Selamat Mencoba


Apakah jawaban ini membantu ?

Masukkan ke favorit Masukkan ke favorit    Cetak artikel ini Cetak artikel ini

Baca juga

Powered by WHMCompleteSolution

Bahasa:

Customer Testimonials

Aji Buana
Dengan kehadiran cirebonhosting.net Sangat membantu Saya untuk menyebarluaskan produk/ Informasi Sosial yg Sedang Saya jalankan di berbagai Organisasi Sosial
Dannie
Emang manteppp beli Domain + Hosting di CirebonHosting, bantuin Restore dan Backup data Website, pokoknya RECOMENDEDwww.PusatAksesorisHP.com